Suhu dan Pemuaian

Kenji

Suhu dan pemuaian adalah dua konsep penting dalam fisika yang berkaitan dengan perubahan dimensi benda saat suhu berubah. Suhu adalah ukuran dari tingkat kepanasan suatu benda, sedangkan pemuaian adalah perubahan dimensi benda akibat perubahan suhu. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi lebih dalam tentang suhu, pemuaian, dan hubungan antara keduanya.

Suhu

Suhu adalah ukuran dari tingkat kepanasan suatu benda. Suhu dapat diukur menggunakan berbagai skala, termasuk Celsius (°C), Fahrenheit (°F), dan Kelvin (K). Skala Celsius dan Fahrenheit umum digunakan dalam kehidupan sehari-hari, sedangkan skala Kelvin sering digunakan dalam penelitian ilmiah.

Suhu dalam skala Celsius dan Fahrenheit diukur menggunakan termometer. Termometer biasanya berisi zat yang berekspansi atau menyusut saat suhu berubah. Perubahan ukuran zat ini kemudian dikalibrasi ke dalam skala suhu yang dapat dibaca.

Skala Celsius memiliki titik beku air pada 0°C dan titik didih air pada 100°C pada tekanan atmosfer standar. Skala Fahrenheit, di sisi lain, memiliki titik beku air pada 32°F dan titik didih air pada 212°F pada tekanan atmosfer standar.

Bagikan:

Tags