Susunan Planet Tata Surya dan Karakteristiknya

Kenji

Tata Surya adalah sistem tata surya yang terdiri dari Matahari dan semua objek astronomi yang mengorbitnya, termasuk planet-planet, bulan-bulan, asteroid, komet, dan debu dan gas antarplanet. Sistem tata surya kita terletak di Bima Sakti, galaksi spiral yang memiliki ratusan miliar bintang. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi susunan planet tata surya dan karakteristik uniknya.

Matahari

Matahari adalah bintang pusat tata surya kita dan merupakan sumber energi utama bagi kehidupan di Bumi. Dengan diameter sekitar 1,4 juta kilometer, Matahari sekitar 109 kali lebih besar dari Bumi dan memiliki massa sekitar 330.000 kali massa Bumi. Matahari terdiri dari sekitar 75% hidrogen dan 25% helium, dengan sedikit jumlah unsur lainnya.

Matahari menghasilkan energi melalui reaksi nuklir di intinya. Proses ini disebut fusi nuklir, di mana atom hidrogen bergabung untuk membentuk helium dan melepaskan energi dalam bentuk cahaya dan panas. Matahari berada dalam tahap utama hidupnya yang disebut urutan utama, di mana ia telah membakar hidrogen selama sekitar 4,6 miliar tahun dan diperkirakan akan terus melakukannya selama 5 miliar tahun lagi.

Planet Merkurius

Merkurius adalah planet terdekat dengan Matahari dan juga planet terkecil di tata surya. Dengan diameter sekitar 4.879 kilometer, Merkurius hanya sedikit lebih besar dari Bulan. Karena jarak dekatnya dengan Matahari, suhu permukaan Merkurius dapat mencapai 430 derajat Celsius saat siang hari dan turun hingga -180 derajat Celsius pada malam hari.

Bagikan:

Tags