Teknik Permainan Bola Basket

Weda G

Teknik Permainan Bola Basket

Bola basket adalah salah satu olahraga yang populer di seluruh dunia.

Banyak orang yang menyukai permainan ini karena menantang, seru, dan menyehatkan.

Namun, untuk bisa bermain bola basket dengan baik, kamu harus menguasai beberapa teknik dasar yang penting.

Teknik-teknik ini akan membantu kamu dalam mengoper, menggiring, menembak, dan merebut bola dari lawan.

Dalam artikel ini, kamu akan belajar tentang teknik permainan bola basket yang harus kamu kuasai, mulai dari teknik memegang bola, passing, dribbling, pivot, shooting, lay up, rebound, hingga slam dunk.

Kamu juga akan mengetahui tips dan trik untuk meningkatkan kemampuan bermain bola basket kamu.

Selain itu, kamu akan melihat sebuah tabel yang berisi perbandingan antara teknik-teknik tersebut.

Jadi, jika kamu ingin menjadi pemain bola basket yang handal, jangan lewatkan artikel ini sampai habis.

Siapkan diri kamu untuk belajar dan berlatih teknik permainan bola basket yang harus kamu kuasai.

Baca Juga : Aturan Permainan Bola Basket

Teknik Memegang Bola

Teknik memegang bola adalah teknik dasar yang pertama dan paling mendasar dalam bermain bola basket. Berguna untuk menjaga agar bola tidak mudah lepas dari tangan kamu saat bermain.

Juga mempengaruhi teknik-teknik lainnya, seperti passing, dribbling, dan shooting.

Ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan dalam teknik memegang bola, yaitu:

  • Kamu harus memegang bola dengan kedua tangan, dengan jari-jari tangan melekat di samping bola dan sedikit ke belakang. Jangan memegang bola dengan telapak tangan saja, karena akan membuat bola mudah tergelincir.
  • Kamu harus menempatkan ibu jari di bagian belakang bola yang menghadap ke arah tengah depan. Ini akan membantu kamu dalam mengontrol arah bola saat mengoper atau menembak.
  • Kamu harus memegang bola dengan kuat, tapi tidak terlalu kencang. Jika kamu memegang bola terlalu kencang, kamu akan kesulitan dalam melepaskan bola saat mengoper atau menembak. Jika kamu memegang bola terlalu lemah, bola akan mudah direbut oleh lawan.

Teknik Passing

Teknik passing adalah teknik mengoper bola kepada teman satu tim.

Sangat penting untuk membangun kerjasama tim dan menciptakan peluang serangan.

Juga berguna untuk mengelabui lawan dan menghindari tekanan pertahanan.

Ada beberapa jenis passing yang bisa kamu gunakan dalam bermain bola basket, yaitu:

  • Chest pass: passing yang dilakukan dengan cara memegang bola dengan kedua tangan di depan dada, lalu melemparkan bola lurus ke arah teman satu tim. Teknik ini cocok untuk passing jarak dekat atau sedang, dan untuk mengoper bola dengan cepat.
  • Bounce pass: passing yang dilakukan dengan cara mendorong bola ke arah bawah dan memantulkan bola tersebut ke lantai. Teknik ini cocok untuk passing jarak sedang atau jauh, dan untuk mengoper bola yang sulit dijangkau oleh lawan.
  • Overhead pass: passing yang dilakukan dengan cara memegang bola dengan kedua tangan di atas kepala, lalu melemparkan bola ke atas atau ke samping. Teknik ini cocok untuk passing jarak jauh, dan untuk mengoper bola yang tinggi atau melintasi lapangan.

Teknik Dribbling

Teknik dribbling adalah teknik menggiring bola dengan tangan.

Berguna untuk bergerak dengan bola, mencari posisi yang baik, menerobos pertahanan lawan, dan memperlambat tempo permainan.

Juga menunjukkan keterampilan dan kreativitas kamu dalam bermain bola basket.

Ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan dalam teknik dribbling, yaitu:

  • Kamu harus menggiring bola dengan ujung jari, bukan dengan telapak tangan. Ini akan memberikan kamu lebih banyak kontrol dan kecepatan dalam menggiring bola.
  • Kamu harus menggiring bola dengan tangan yang dominan, yaitu tangan kanan jika kamu kidal, dan tangan kiri jika kamu kidal. Ini akan membuat kamu lebih nyaman dan percaya diri dalam menggiring bola.
  • Kamu harus menggiring bola dengan tinggi yang sesuai dengan situasi. Jika kamu ingin menggiring bola dengan cepat, kamu harus menggiring bola dengan tinggi sekitar pinggang. Jika kamu ingin menggiring bola dengan aman, kamu harus menggiring bola dengan tinggi sekitar lutut atau lebih rendah.
  • Kamu harus menggiring bola dengan mata melihat ke depan, bukan ke bawah. Ini akan membantu kamu dalam melihat situasi lapangan, teman satu tim, dan lawan. Jika kamu menggiring bola dengan mata melihat ke bawah, kamu akan mudah tertipu oleh gerakan lawan dan kehilangan bola.

Teknik Pivot

Teknik pivot adalah teknik berputar dengan satu kaki tetap menempel di lantai, sementara kaki lainnya bergerak bebas.

Berguna untuk mengubah arah gerakan, menghindari lawan, dan mencari ruang kosong.

Juga menunjukkan kelincahan dan fleksibilitas kamu dalam bermain bola basket.

Ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan dalam teknik pivot, yaitu:

  • Kamu harus memilih kaki pivot yang sesuai dengan situasi. Jika kamu ingin berputar ke kanan, kamu harus menggunakan kaki kiri sebagai kaki pivot. Jika kamu ingin berputar ke kiri, kamu harus menggunakan kaki kanan sebagai kaki pivot.
  • Kamu harus memegang bola dengan erat saat melakukan pivot. Jangan biarkan bola terlalu jauh dari tubuh kamu, karena akan membuat bola mudah direbut oleh lawan. Jaga bola agar tetap berada di depan atau di samping tubuh kamu, dan gunakan lengan kamu untuk melindungi bola dari lawan.
  • Kamu harus berputar dengan cepat dan stabil saat melakukan pivot. Jangan berputar terlalu lambat, karena akan membuat kamu mudah ditebak oleh lawan. Jangan berputar terlalu cepat, karena akan membuat kamu kehilangan keseimbangan. Berputarlah dengan kecepatan yang pas, dan pastikan kaki pivot kamu tetap menempel di lantai.

Teknik Shooting

Teknik shooting adalah teknik menembak bola ke dalam ring.

Yang paling penting dalam bermain bola basket, karena tujuan utama permainan ini adalah mencetak poin sebanyak-banyaknya.

Shooting juga menunjukkan ketepatan dan kekuatan kamu dalam bermain bola basket.

Ada beberapa jenis shooting yang bisa kamu gunakan dalam bermain bola basket, yaitu:

  • Set shoot: shooting yang dilakukan dengan cara memegang bola dengan kedua tangan di depan dada, lalu mendorong bola ke atas dengan tangan dominan, sementara tangan lainnya hanya sebagai penyeimbang. Teknik ini cocok untuk shooting jarak dekat atau sedang, dan untuk shooting yang tidak terganggu oleh lawan.
  • Lay up shoot: shooting yang dilakukan dengan cara melompat ke arah ring dengan satu kaki, lalu melemparkan bola ke dalam ring dengan tangan yang searah dengan kaki yang melompat. Teknik ini cocok untuk shooting jarak dekat, dan untuk shooting yang memanfaatkan momentum gerakan.
  • Jump shoot: shooting yang dilakukan dengan cara melompat ke atas dengan kedua kaki, lalu melemparkan bola ke arah ring dengan tangan dominan, sementara tangan lainnya hanya sebagai penyeimbang. Teknik ini cocok untuk shooting jarak sedang atau jauh, dan untuk shooting yang menghadapi pertahanan lawan.
  • Slam dunk: shooting yang dilakukan dengan cara melompat tinggi ke arah ring dengan satu atau kedua tangan, lalu memasukkan bola ke dalam ring dengan kekuatan penuh. Teknik ini cocok untuk shooting jarak dekat, dan untuk shooting yang menunjukkan dominasi dan kepercayaan diri.

Teknik Rebound

Teknik rebound adalah teknik merebut bola yang gagal masuk ke dalam ring, baik dari tembakan sendiri maupun lawan.

Ini sangat penting untuk mempertahankan atau mengubah keadaan permainan.

Juga menunjukkan keberanian dan ketangkasan kamu dalam bermain bola basket.

Ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan dalam teknik rebound, yaitu:

  • Kamu harus memperkirakan arah dan kecepatan bola yang gagal masuk ke dalam ring. Ini akan membantu kamu dalam menentukan posisi yang tepat untuk merebut bola.
  • Kamu harus melompat tinggi dan cepat saat merebut bola. Ini akan memberikan kamu keuntungan atas lawan yang lebih rendah atau lambat. Gunakan kedua tangan untuk menangkap bola, dan jangan biarkan bola terpental dari tangan kamu.
  • Kamu harus melindungi bola dengan tubuh kamu saat merebut bola. Ini akan mencegah lawan dari merebut kembali bola dari kamu. Gunakan lengan, bahu, dan pinggul kamu untuk menjaga jarak dari lawan, dan pegang bola dengan erat di depan atau di samping tubuh kamu.

Tabel Perbandingan Teknik Permainan Bola Basket

Untuk memudahkan kamu dalam memahami dan membandingkan teknik-teknik permainan bola basket yang harus kamu kuasai, berikut ini adalah sebuah tabel yang berisi perbandingan antara teknik-teknik tersebut.

Teknik Fungsi Cara Contoh
Memegang bola Menjaga bola agar tidak lepas dari tangan Memegang bola dengan kedua tangan, dengan jari-jari melekat di samping dan sedikit ke belakang bola, ibu jari di belakang bola, dan memegang bola dengan kuat tapi tidak terlalu kencang Saat kamu menerima passing dari teman satu tim, kamu harus memegang bola dengan baik agar bisa mengoper, menggiring, atau menembak bola
Passing Mengoper bola kepada teman satu tim Memegang bola dengan kedua tangan, lalu melemparkan bola ke arah teman satu tim dengan cara chest pass, bounce pass, atau overhead pass Saat kamu melihat teman satu tim yang bebas dari lawan, kamu bisa mengoper bola kepadanya dengan chest pass, bounce pass, atau overhead pass, tergantung dari jarak dan situasi
Dribbling Menggiring bola dengan tangan Menggiring bola dengan ujung jari, dengan tangan dominan, dengan tinggi yang sesuai, dan dengan mata melihat ke depan Saat kamu ingin bergerak dengan bola, kamu harus menggiring bola dengan baik agar bisa mengelabui lawan, mencari posisi yang baik, atau menerobos pertahanan lawan
Pivot Berputar dengan satu kaki tetap menempel di lantai Memilih kaki pivot yang sesuai, memegang bola dengan erat, dan berputar dengan cepat dan stabil Saat kamu terjebak oleh lawan, kamu bisa melakukan pivot untuk mengubah arah gerakan, menghindari lawan, atau mencari ruang kosong
Shooting Menembak bola ke dalam ring Memegang bola dengan kedua tangan, lalu melemparkan bola ke arah ring dengan cara set shoot, lay up shoot, jump shoot, atau slam dunk Saat kamu melihat peluang untuk mencetak poin, kamu bisa menembak bola ke dalam ring dengan cara set shoot, lay up shoot, jump shoot, atau slam dunk, tergantung dari jarak dan situasi
Rebound Merebut bola yang gagal masuk ke dalam ring Memperkirakan arah dan kecepatan bola, melompat tinggi dan cepat, dan melindungi bola dengan tubuh Saat kamu melihat bola yang gagal masuk ke dalam ring, baik dari tembakan sendiri maupun lawan, kamu harus berusaha merebut bola dengan cara rebound, agar bisa mempertahankan atau mengubah keadaan permainan

Baca Juga : Tujuan utama permainan bola basket yaitu?

Kesimpulan

Demikianlah artikel tentang teknik permainan bola basket yang harus kamu kuasai.

Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan kamu tentang olahraga yang satu ini.

Jangan lupa untuk berlatih dan mengasah teknik-teknik tersebut agar kamu bisa menjadi pemain bola basket yang handal.

Terima kasih sudah membaca artikel ini sampai habis.

Jika kamu punya saran atau komentar tentang teknik permainan bola basket, silakan tulis di kolom komentar di bawah ini.

Kami tunggu ya!

Bagikan: