Teks Eksposisi: Struktur, Ciri-Ciri, Contoh

Kenji

Teks eksposisi adalah salah satu jenis teks dalam bahasa Indonesia yang bertujuan untuk menguraikan atau menjelaskan suatu topik secara objektif. Teks ini berfokus pada penyampaian informasi yang berdasarkan fakta, data, dan argumen yang kuat. Dalam artikel ini, kita akan membahas struktur, ciri-ciri, dan memberikan contoh teks eksposisi yang baik dan menarik. Mari kita mulai!

Struktur Teks Eksposisi

Teks eksposisi memiliki struktur yang terdiri dari tiga bagian utama, yaitu pendahuluan, isi, dan penutup. Berikut adalah penjelasan lebih detail tentang masing-masing bagian:

1. Pendahuluan

Pendahuluan dalam teks eksposisi berfungsi untuk memperkenalkan topik yang akan dibahas dan menarik perhatian pembaca. Di bagian ini, penulis perlu memberikan gambaran singkat tentang topik tersebut dan mengemukakan pendapat umum yang berhubungan dengan topik tersebut. Pendahuluan juga harus mengandung teks thesis, yang merupakan kalimat atau paragraf yang mengungkapkan pokok pikiran atau argumen utama dari teks eksposisi.

2. Isi

Bagian isi adalah inti dari teks eksposisi. Di sini, penulis menyajikan fakta, data, dan argumen yang mendukung teks thesis. Setiap paragraf dalam bagian isi harus berfokus pada satu argumen atau poin penting yang terkait dengan topik yang dibahas. Penulis harus menggunakan bukti yang kuat, seperti hasil penelitian, statistik, atau contoh kasus, untuk mendukung argumennya. Penggunaan kutipan dari sumber yang terpercaya juga dapat memperkuat keabsahan argumen.

Bagikan:

Tags