Ukuran Ring Basket

Weda G

Ukuran Ring Basket

Ring basket adalah salah satu peralatan penting dalam olahraga basket. Ring basket adalah tempat dimana bola harus masuk untuk mendapatkan poin. Ring basket memiliki ukuran dan tinggi yang standar sesuai dengan aturan federasi basket internasional (FIBA). Namun, ada juga beberapa variasi ukuran ring basket yang digunakan di liga-liga profesional seperti NBA dan DBL. Apa saja ukuran ring basket yang berlaku? Bagaimana cara mengukur tinggi ring basket yang benar? Apa saja manfaat mengetahui ukuran ring basket? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

Baca Juga : Aturan Permainan Bola Basket

Ukuran Ring Basket Standar FIBA

FIBA adalah induk organisasi basket dunia yang mengatur segala hal yang berkaitan dengan olahraga basket, termasuk ukuran ring basket. Menurut peraturan resmi FIBA, ukuran ring basket harus memenuhi kriteria berikut:

  • Ring basket harus berbentuk bundar dan terbuat dari material solid steel (besi).
  • Diameter ring basket standar adalah 450 mm โ€“ 459 mm.
  • Ring basket harus dicat dengan warna oranye dan memiliki ketebalan 16 mm โ€“ 20 mm.
  • Jarak titik terdekat ring basket dengan papan pantul adalah 151 mm.
  • Jaring basket harus digantungkan pada ring basket dan dibuat agar dapat menghambat bola sepersekian waktu ketika bola melewati jaring.
  • Panjang jaring basket adalah 400 mm โ€“ 500 mm dan memiliki 12 bagian jaring tergantung di ring basket.
  • Jaring basket tidak boleh terbuat dari bahan yang kaku agar bola tidak tersangkut di dalam jaring.

Ukuran ring basket standar FIBA ini berlaku untuk semua pertandingan basket resmi yang diselenggarakan oleh FIBA, baik di tingkat nasional maupun internasional. Ukuran ring basket ini juga berlaku untuk semua kategori usia dan jenis kelamin.

Bagikan: