Vektor Posisi, Penyajian Vektor, Panjang Vektor

Kenji

Vektor adalah konsep penting dalam matematika dan fisika. Dalam konteks matematika, vektor adalah objek yang memiliki besaran dan arah. Sedangkan dalam fisika, vektor digunakan untuk menyatakan besaran fisik yang memiliki besaran, arah, dan titik aplikasi.

Vektor Posisi

Vektor posisi adalah vektor yang digunakan untuk menyatakan posisi suatu titik dalam ruang. Vektor posisi dinyatakan dengan menggunakan koordinat kartesian atau koordinat polar. Koordinat kartesian menggunakan sumbu-x, sumbu-y, dan sumbu-z sebagai acuan, sedangkan koordinat polar menggunakan jarak dan sudut sebagai acuan.

Contoh penggunaan vektor posisi adalah saat kita ingin menyatakan posisi suatu objek dalam sistem koordinat. Misalnya, jika kita ingin menyatakan posisi sebuah mobil di jalan raya, kita dapat menggunakan vektor posisi untuk menyatakan koordinat mobil tersebut.

Penyajian Vektor

Vektor dapat disajikan dalam bentuk matriks, notasi komponen, atau notasi satuan. Penyajian vektor dalam bentuk matriks menggunakan matriks baris atau matriks kolom. Notasi komponen menyatakan vektor dengan menggunakan komponen-komponennya dalam sistem koordinat. Sedangkan notasi satuan menyatakan vektor dengan menggunakan sumbu unit.

Bagikan:

Tags