Contoh Soal Mata Pelajaran Prakarya Kelas 10 SMA/MA Beserta Jawabannya

Ghivan Adi

Halo adik-adik, pada kesempatan kali ini mimin akan membagikan contoh soal Mata Pelajaran Prakarya Kelas 10 SMA/MA.

Seperti yang kita ketahui, pada musim-musim menuju Ujian seperti sekarang ini adik-adik harus membiasakan diri mengerjakan soal-soal latihan.

Berikut soal-soal latihan Mata Pelajaran Prakarya Kelas 10 SMA/MA:

1. Berikut faktor-faktor tentang keberhasilan dalam usaha produk grafika, kecuali….
a. perencanaan yang tepat dan matang
b. dedikasi yang tinggi
c. banyak dana
d. SDM handal dan teknologi tinggi
e. kebutuhan konsumen yang terpuaskan

2. Saat cetak sablon artwork yang telah dibuat lalu dilakukan afdruk di….
a. rakel
b. gleserin
c. tinta sablon
d. hair dryer
e. screen

3. Sebelum dilakukan cetak ke mesin percetakan artwork/desain yang dibuat dengan software olah digital yaitu….
a. corel draw
b. notepad
c. pagemaker
d. indesign
e. flash

4. Berikut ini faktor eksternal dalam pemunculan ide usaha percetakan/produk grafika, kecuali….
a. masalah yang dihadapi dan belum terpecahkan
b. kesulitan yang dihadapi sehari-hari
c. kebutuhan yang belum terpenuhi baik untuk dirinya maupun orang lain
d. pemikiran yang besar untuk menciptakan sesuatu yang baru
e. pengetahuan yang dimiliki

5. Cetak yang hanya dipakai untuk peretakan kertas yaitu….
a. cetak offset
b. cetak dalam
c. cetak tinggi
d. cetak air brush
e. digital printing

6. Berikut yang tidak dievaluasi dalam usaha produk grafika….
a. keuntungan
b. penguasaan teknis
c. pemasaran
d. bahan baku
e. devisa

7. Buku produksi, buku penjualan, kuitansi, faktur penjualan dalam usaha produk grafika termasuk pada….
a. administrasi usaha besar
b. administrasi usaha kecil
c. perangkat administrasi usaha
d. administrasi umum
e. pembukuan

8. Berikut yang bukan termasuk ke dalam risiko menjalankan usaha produk grafika adalah….
a. analisis aspek risiko keuangan
b. analisis aspek risiko SDM
c. analisis aspek potensi besar
d. analisis aspek pelanggan
e. analisis aspek keuntungan

9. Adanya biaya-biaya produksi, adanya pinjaman-pinjaman dan utang-utang usaha produk grafika yang besar, termasuk pada analisis aspek….
a. risiko SDM
b. risiko potensi pasar
c. risiko keuangan
d. risiko pelanggan
e. risiko aspek produk

10. Sebelum kegiatan membuat usaha produk grafika hal pertama dimulai terlebih dahulu harus….
a. mengurus IMB
b. melakukan evaluasi
c. melakukan promosi
d. membuat biaya produksi
e. mengurus izin usaha

11. Langkah terakhir untuk mengetahui usaha untung atau rugi, diteruskan atau berhenti setelah dilakukan….
a. sasaran
b. strategi
c. evaluasi
d. draf usaha
e. tujuan

12. Suatu kegiatan usaha mengenalkan barang hasil produksi kerajinan pada masyarakat luas disebut….
a. proposal
b. publikasi
c. evaluasi
d. pembukuan
e. biaya produksi

13. Suatu tindakan untuk mencapai suatu sasaran dalam hal usaha kerajinan inspirasi artefak/budaya lokal disebut….. usaha
a. tujuan
b. strategi
c. manfaat
d. sasaran
e. langkah kegiatan

14. Dengan adanya sebuah proposal usaha, pihak manajemen usaha kerajinan akan memperoleh masukan yang dapat menjadi pertimbangan untuk….
a. menambah kapasitas produksi
b. perluasan usaha
c. mengalahkan saingan usaha
d. menambah jenis produksi
e. pembukaan cabang baru

15. Dalam pengelolaan sumber daya usaha kerajinan, faktor yang paling menentukan ialah….
a. manusia
b. materi
c. metode
d. uang
e. mesin

16. Menetapkan dan menentukan urut-urutan produksi dan bahan mentah sampai menjadi produk akhir dalam usaha kerajinan disebut….
a. routing
b. ispatching
c. follop up
d. scheduling
e. patching

17. Berikut hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menetapkan desain proses produksi kerajinan, kecuali….
a. jenis kerajinan
b. teknik
c. pendistribusian
d. manfaat
e. pengemasan

18. Penciptaan, pengubahaan atau penambahan nilai guna suatu barang disebut….
a. proses produksi
b. pengemasan
c. analisis gagasan
d. teknik produksi
e. penjualan

19. Berikut yang bukan perencanaan proses produksi kerajinan inspirasi artefak/budaya lokal adalah….
a. proses persiapan
b. analisis gagasan
c. prosedur kerja
d. penyaringan gagasan
e. uji coba produksi

20. Berikut yang tidak termasuk dalam kerajinan yang inspirasinya dari artefak/budaya lokal yaitu….
a. ingke
b. keris
c. golok
d. bakul nasi
e. lampion

21. Salah satu tujuan kewirausahawan kerajinan inspirasi artefak/budaya lokal, yaitu….
a. sebagai generator pembangunan ekonomi
b. menciptakan tenaga kerja baru
c. mendidik masyarakat agar hidup sederhana
d. menumbuhkan wirausaha yang berkualitas dan melestarikan budaya
e. melestarikan budaya Indonesia

22. Wadah pembungkus produk kerajinan inspirasi artefak/budaya lokal disebut….
a. tas
b. kemasan
c. label
d. merk
e. iklan

23. Perancangan karya kerajinan inspirasi artefak/budaya lokal melalui konsep dan gambar rencana disebut….
a. pengertian kerajinan
b. desain kerajinan
c. peluang usaha
d. manfaat kerajinan
e. perencanaan usaha

24. Berikut hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menetapkan desain kerajinan inspirasi artefak/budaya lokal, kecuali….
a. jenis kerajinan
b. teknik
c. pendistribusian
d. manfaat
e. estetika

25. Berikut merupakan prinsip nilai keindahan dalam pembuatan kerajinan, kecuali….
a. kesatuan
b. keseimbangan
c. kesenangan
d. keselarasan
e. proporsional

Kunci Jawaban

1. c
2. e. cetak sablon sering disebut screen printing. Cetak jenis ini menggunakan screen/saring. Artwork yang telah dibuat lalu dilakukan afdruk di screen. Dari hasil afdruk itu kemudian dituang tinta dan disaput dengan rakel. Tinta yang disaput akan keluar dari screen ke media yang disablon. Cetak sablon bisa diaplikasikan di banyak media, semisal: kertas, plastik, kain, besi, aluminium.
3. a. cetak offset biasanya digunakan untuk peretakan kertas. Sebleum dilakukan cetak ke mesin percetakan, artwork/desain yang dibuat dengan software olah digital seperti coreldraw, photoshop, freehand dan lainnya lalu selanjutnya dibuat plat filmnya. Dengan pita film tersebut kemudian dilakukan pencetakan melalui mesin offset. Hasil percetakan offset biasanya untuk buku, nota, kemasan promosi, iklan dan sebagainya.
4. e.
5. a. cetak offset biasanya digunakan untuk peretakan kertas, sebelum dilakukan cetak ke mesin percetakan, artwork desain dibuat filmnya. Dengan film itu kemudian dilakukan pencetakan melalui mesin. Hasil peretakan offset biasanya untuk buku, nota, kemasan promosi, iklan dan sebagainya.
6. e. devisa merupakan pendapatan negara dari pembelian souvenir/cenderamata turis asing.
7. e. dalam usaha kerajinan terdapat sistem pembukuan yang terencana supaya keuangan dapat dihitung dan terlihat untung dan ruginya.
8. e. analisis aspek keuntungan bukan masuk ke dalam resiko usaha tetapi penghitungan laba rugi akhir produksi dan pemasaran.
9. c. aspek resiko keuangan merupakan aspek yang digunakan untuk menilai keuangan usaha secara keseluruhan.
10. e. agar kegiatan usaha lancar, maka setiap wirausahawan wajib untuk mengurus dan memiliki izin usaha dari instansi pemerintah yang sesuai dengan bidangnya.
11. c. evaluasi adalah suatu aktivitas untuk melakukan analisis kinerja suatu usaha bisnis. Evaluasi usaha prinsip dasar utamanya adalah membandingkan rencana usaha yang telah dibuat sebelum kegiatan dimulai dengan apa yang telah dicapai pada akir masa produksi.
12. b. publikasi adalah metode paling ampuh untuk berbisnis yaitu menggunakan hasil produksi kerajinan pada khayalak umum. Usaha tanpa publikasi adalah kerugian.
13. b. Business strategy (strategi usaha) adalah perumusan rencana dan kebijakan jangka panjang usaha yang menyesuaikan kegiatan produksi dan pemasaran dalam rangka pencapain tujuan usahanya.
14. b. apabila sebuah usaha kerajinan maju maka selanjutnya adalah melakukan perluasan usaha.
15. a. manusia adalah pemain utama dalam pembuatan dan pengembangan usaha kerajinan inspirasi artefak/budaya lokal, tanpa adanya manusia yang kompeten mustahil usaha akan maju.
16. e. patching adalah kegiatan penetapan proses produksi sampai menjadi produk akhir dalam wirausaha kerajinan tangan.
17. c. pendistribusian merupakan kegiatan pemasaran yang berusaha memperlancar dan mempermudah penyampaian barang dan jasa dari produsen kepada konsumen, sehingga penggunannya sesuai dengan yang diperlukan (jenis, jumlah, harga, tempat, dan saat dibutuhkan). Pendistribusian bukan bagian desain proses produksi kerajinan tapi bagian pemasaran kerajinan.
18. a. proses produksi adalah kegiatan yang mengkombinasikan faktor-faktor produksi (man, money, material, method) yang ada untuk menghasilkan suatu produk, baik berupa barang atau jasa yang dapat diambil nilai lebihnya atau manfaatnya oleh konsumen.
19. c. perencanaan produksi dapat didefinisikan sebagai proses untuk merencanakan sistem produksi sehingga permintaan pasar dapat dipenuhi dengan jumlah yang tepat, waktu penyerahan yang tepat.
20. e. lampion merupakan kerajinan inspirasinya dari budaya Tiongkok atau Cina.
21. e. kerajinan inspirasi artefak/budaya lokal dibuat untuk melestarikan budaya nasional Indonesia.
22. b. kemasan dapat membantu mencegah atau mengurangi kerusakan, melindungi produk yang ada di dalamnya.
23. b. desain kerajinan adalah perancangan karya kerajinan melalui konsep dan gambar rencana, dengan mempertimbangkan nilai fungsi, kenyamanan, keamanan/keselamatan, kesehatan, kepraktisan, keunikan, dan keindahan/estetika, trend pasar (nilai ekonomi)
24. c. pendistribusian masuk dalam bidang pemasaran produk kerajinan fungsi pakai.
25. c. nilai-nilai keindahan (estetik) atau keunikan karya seni memiliki prinsip: kesatuan (unity), keselarasan (harmoni), keseimbangan (balance), dan kontras (contrast).

Demikian contoh soal yang dapat admin bagikan, jangan lupa share dan mengerjakan soal-soal dari kami lainnya…

Bagikan: