Simak! Inilah Persyaratan Fasilitator PGP Tahun 2023

Rekrutmen calon fasilitator Pendidikan Guru Penggerak (PGP) tahun 2023 telah dibuka. Untuk para guru yang berminat untuk menjadi pendamping atau pengajar praktik, dihimbau menyimak berbagai persyaratan fasilitator PGP.

Pada tahun-tahun sebelumnya Program Pendidikan Guru Penggerak dilaksanakan secara online. Tahun ini PGP Dasus dan Intensif pelaksanannya berlangsung secara tatap muka. Adapun pendaftaran fasilitator PGP angkatan 14 akan dimulai pada 30 Januari 2023 nanti.

Simak! Inilah Persyaratan Fasilitator PGP Tahun 2023

Melalui laman resmi Sekolah Penggerak Kemendikbudristek, program PGP (Pendidikan Guru Penggerak) bertujun untuk menghasilkan guru yang memiliki jiwa kepemimpinan unggul.

PGP mengharapkan para pesertanya akan menjadi pemimpin yang dapat mengorganisir dan menggerakkan komunitas. Baik dalam komunitas belajar di ruang lingkup internal atau eksternal.

Kini program PGP telah berkembang pesat, dimana program ini hadir untuk wilayah daerah khusus dengan aksesibilitas internet dan transportasi buruk.

Program ini disebut PGP Intensif yang spesial digelar untuk wilayah dengan sarana transportasi dan internet yang masih kurang memadai.

Pada setiap pelaksanaan program PGP selalu membutuhkan fasilitator yang dapat membimbing dan mengawasi setiap peserta.

Sehingga dalam waktu dekat, pemerintah membuka kesempatan untuk guru yang tertarik mendaftar menjadi fasilitator PGP angkatan 13 pada 16 Januari 2023.

Kemudian terkait pendaftaran fasilitator PGP angkatan 14 untuk daerah khusus akan dibuka pada 30 Januari 2023.

 

Persyaratan Pendaftaran Fasilitator PGP Intensif Angkatan 14

Mengutip dari dokumen PDF tentang pendaftaran fasilitator PGP, terdapat 9 persyaratan yang harus disiapkan oleh pendaftar. Persyaratan fasilitator PGP 2023 diantaranya sebagai berikut:

  1. Calon fasilitator adalah lulusan Pendidikan Guru Penggerak angkatan 1-4 dari wilayah PGP Dasus dan Intensif.
  2. Tidak sedang mengikuti rekrutmen kepala sekolah penggerak, pelatih ahli/fasilitator atau sedang menjalankan tugas sebagai penggerak di Program Organisasi Penggerak (POP).
  3. Saat ini tidak berstatus sebagai asesor, pendamping, fasilitator atau sedang mengikuti seleksi menjadi aseseor, pengajar praktik, atau sebagai fasilitator Pendidikan Guru Penggerak.
  4. Berkomitmen penuh untuk melaksanakan kewajibannya saat menjadi fasilitator PGB Daerah Khusus dan Intensif.
  5. Mendapatkan izin dari atasan atau kepala sekolah.
  6. Pendaftar yang diutamakan adalah peserta dengan rekam jejak pengembangan pendidikan. Memiliki paradigma transformasi merdeka belajar.
  7. Mampu mencerna konsep utama dar modul pembelajaran guru penggerak.

 

Dokumen yang menjadi persyaratan pendaftar PGP 2023 baik PGP Dasus dan Intensif

  1. Biodata di Laman Pendaftaran
  2. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  3. Lampiran fotokopi Sertifikat Guru Penggerak
  4. Fotokopi Ijazah terakhir yang dilegalisir
  5. Dokumen pakta intergritas fasilitator
  6. Dokumen surat izin dari atasan di tempat kerja
  7. Esaai dan Paper Base Interview (PBI)
  8. Rencana pelaksanaan pelatihan yang diambil dari salah satu topik Pendidikan Guru Penggerak.
  9. Alur Daftar Fasilitator PGP 2023 Angkatan

 

Alur pendaftaran fasilitator PGP 2023 angkatan 2023

  1. Tim seleksi dari Direktorat Jendral Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK) menelusuri data guru lulusan Program Guru Penggerak.
  2. Drektorat Jendral Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK) melakukan pemanggilan guru alumni PGP untuk melalui seleksi tahap satu dengan mengakses SIMPKB.
  3. Proses validasi berkas pendaftar fasiltator pendidikan guru penggerak.
  4. Tim seleksi dari Ditjen GTK melangsungkan penilaian untuk seleksi tahap 1.
  5. Jika lulus seleks tahap 1 calon fasilitator guru penggerak akan melakukan seleksi tahp 2 berupa simulasi menjadi fasilitator dan wawancara.
  6. Ditjen GTK mengumumkan hasil seleksi tahap 2.
  7. Pembekalan calon fasilitator guru penggerak untuk daerah khusus dan intensif oleh Ditjen GTK.
  8. Ditjen GTK menetapkan siapa saja yang menjadi fasilitator PGP dasus dan intensif.

 

Berikut Langkah-langkah yang akan ditempuh oleh calon pendaftar fasilitator PGP 2023 :

  1. Peserta melakukan registrasi lewat SIMPKB.
  2. Kemudian dikirim ke penyelenggara dengan melallui email.
  3. Melengkapi dokumen-dokumen berupa CV, esai, PBI dan berbagai dokumen lainnya yang telah disebutkan.
  4. Melakukan pengajuan dir sebagai fasilitator guru penggerak.
  5. Jadwal Pendaftaran Seleksi Calon Fasilitator PGP 2023
    Rangkaian jadwal pendaftaran seleksi calon fasilitator dasus dan intensif angkatan 14 dalam PGP 2023 meliputi beberapa poin berikut.

 

Berikut rangkaian jadwal pelaksanaan pendaftaran dan seleksi calon fasilitator PGP 2023 sebagai berikut :

  1. Pembukaan informasi pendaftaran: 4-30 Januari 2023
  2. Pendaftaran Calon Fasilitator PGP: 30 Januari 2023
  3. Verifikasi dan validasi berkas: 10-15 Februari 2023
  4. Penilaian Esai dan PBI: 16-22 Februari
  5. Pengumuman hasil seleks tahap pertama: 1-2 Maret 2023
  6. Seleksi tahap kedua: 27-28 Maret 2023
  7. Pengumuman seleksi tahap kedua: 27-28 Maret 2023
  8. Pembekalan calon fasilitator PGP: 3-19 Maret 2023
  9. Pengumuman seleksi tahap tiga: 2 Mei 2023

 

Tugas Pokok dan Fungsi Fasilitator Guru Penggerak

Seorang fasilitator Pendidikan Guru Penggerak akan menjalankan tugas dalam jangka waktu 6 bulan. Seorang fasilitator akan mengemban sejumlah tugas diantaranya mencatat progres calon Guru Penggerak selama berlangsungnya pendidikan.

Peran fasilitator PGP juga mengumpulkan tugas, memotivasi dan memberi masukan kepada instruktur serta memfasilitasi proses diskusi refleksi dengan Calon Guru Penggerak.

Mengutip laman DItjen GTK Kemendikbud “fasilitator guru penggerak berperan sebagai pendamping dan pendukung pelaksanaan program Pendidikan Guru Penggerak dalam rangka mencapai tujuan dari program ini sendiri yaitu melahirkan guru yang dapat menggerakan komunitas belajar.”

Fasilitator dapat dikatakan sebaga agent of change yang diharapkan dapat mentraformasi penididikan Indonesia melalui PGP yang bertujuan mewujudkan Profil Pelajar Pancasila (P5). Saat mengemban tugasnya menjadi fasilitator Program Guru Penggerak, seorang fasilitator akan bertugas mendampingi 3-5 kali selam waktu 6 bulan.

Fasilitator akan bertugas menjadi figur pendorong kolaborasi dan kerja sama dengan seluruh komunitas pendidikan di wilayah kerja guru penggerak.

Fasilitator sebagai pelaksana tugas dan fungsinya berkesempatan belajar dan berbagi dengan pengawas sekolah, kepala sekolah dan guru sasaran program

Seorang fasilitator nantinya akan berusaha menggali dan memaksimalkan potensi dari calon guru penggerak yang akan berperan dalam menggerakkan komunitas belajar. Prosedurnya diikuti sesuai yang sudah diajarkan dalam bimtek, mulai analisis masalah, kalibrasi dan masih banyak lainnya.

Tantangan utama yang dihadapi oleh seorang fasilitator adalah bagaimana mengimplementasikan pengetahuan mengenai struktur peningkatan pengetahuan seputar kurikulum merdeka, paradigma pendidikan baru serta melaksanakan kerja kolaborasi antara guru penggerak hingga sampai ke orang tua murid.

Melalui program ini fokus pengembangan Sumber Daya Manusia dan membuka peluang untuk menggerakan ekosistem agar terbiasa dengan kolaborasi yang berkonotasi untuk kemajuan pendidikan Indonesia.

Demikian informasi tentang Persyaratan Fasilitator PGP Tahun 2023. Segera siapkan diri teman-teman untuk bergabung menjadi fasilitator angkatan 14 dalam PGP 2023.

Baca Juga  Inilah Berbagai Hal yang Perlu Diketahui Seorang Calon Guru Penggerak!
Dapatkan info dari Penakuis Terbaru tentang cpns,PGP,CPG,UT ,pppk dan kumpulan soal. Mari bergabung di Grup Telegram "Penakuis", caranya klik link https://t.me/penakuis, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Leave a Comment